BOOTCAMP INKUBASI INNOCIRCLE BATCH III

Press Release

InnoCircle Initiative kembali mengadakan program inkubasi yang dibuka dengan acara Bootcamp, pada 14 Oktober 2020. Program inkubasi ini bukan yang pertama kalinya dilakukan oleh InnoCircle Initiative. Hanya saja Bootcamp kali ini tidak hanya diikuti oleh startup melainkan juga Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Koperasi. Bootcamp kali ini diikuti oleh lebih dari 30 peserta yang terbagi dari 25 usaha tenant yang terdiri dari 15 Usaha Kecil Menengah, 3 Koperasi, dan 7 Startup Digital. Ke-25 usaha ini terpilih dari hasil proses seleksi yang selektif dan komprehensif. Ke-25 usaha ini berasal dari berbagai daerah dan provinsi, tidak terbatas hanya dalam lingkup Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah saja.

Acara Bootcamp ini dihadiri oleh Sutoro selaku Kepala Bidang Koperasi Dinakerkop-UKM Kab Banyumas. Beliau sangat mendukung acara yang diselenggarakan oleh InnoCircle ini. Dalam sambutannya beliau juga siap mendukung penuh agenda-agenda selanjutnya yang akan dilakukan oleh InnoCircle. “Kami dari Dinas mewakili pemerintah Kabupaten Banyumas, sangat mendukung acara ini. Inisiasi ini sangat perlu diapresiasi apalagi dilakukan oleh anak-anak muda”, ujar Sutoro.

Selain dari pihak pemerintahan, dalam acara ini juga dihadiri oleh Muhammad Arsad Dalimunthe selaku Ketua Dekopinda Kab. Banyumas yang sekaligus sebagai pengisi acara tersebut dengan tema “Mindset Entrepreneur”. Selanjutnya, acara itu ditutup dengan agenda terakhir berupa analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) masing-masing tenant yang dipandu oleh Herliana selaku Ketua Kopkun Group.

Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti agenda ini. Hal itu tampak dari berbagai cerita motivasi para tenant untuk mengikuti program inkubasi ini. “saya senang sekali mengikuti program inkubasi ini, harapannya saya jadi memiliki ilmu lebih untuk menjalani usaha ya ke depan. Selain itu semoga saya juga bisa menambah jejaring disini”, ujar salah satu peserta Tenant saat memaparkan motivasinya dalam acara Bootcamp lalu.

Acara bootcamp ini dilakukan dengan dua metode offline dan online. Dua metode itu dilakukan mengingat keadaan pandemi yang tidak memungkinkan para peserata dari berbagai daerah berkumpul. Mengingat terdapat Tenant yang berada di luar wilayah Banyumas. Setelah Bootcamp, program Inkubasi ini akan dijalankan selama enam bulan ke depan. Programnya sendiri akan terbagi secara umum menjadi tiga bagian yaitu pra-inkubasi, inkubasi, dan pasca inkubasi.

Bootcamp ini menindaklanjuti dari hasil kemitraan bersama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang diperoleh InnoCircle di akhir bulan September 2020 lalu untuk menggelar program inkubasi kepada UKM dan Koperasi di Indonesia. Tujuan dari program inkubasi ini adalah untuk mendorong usaha-usaha yang ada agar dapat bangkit dan tetap tumbuh selama masa pandemi.  

***

Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Iko Dian Wiratama / Chief Program Officer of InnoCircle Initiative

Email: iko.dianwiratama@gmail.com

Iko Wiratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X