Beceer, Startup Coop Karya Anak Banyumas Bertemu Dengan Menteri Koperasi dan UMKM

Menteri Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Teten Masduki mengungkapkan  strategi koperasi dan umkm  dengan mempertimbangkan konsisi perekonomian di era digital dan disrupsi teknologi. Salah satu strateginya adalah memperbesar pasar bagi produk UMKM dengan memanfaatkan teknologi digital lewat data dan aplikasi yang mendukung. Strategi ini selaras dengan program dari Indonesian Consortium For Cooperative Innovation (ICCI) yakni startup coop di berbagai kota di Indonesia. Startup Coop menjadi model baru yang mendorong akselerasi UMKM melalui teknologi digital dan dikelola dengan tata kelola koperasi.

Jumat, 15 November 2019 ICCI bersama dengan regional hub diantaranya Innocircle Initiative, Siger Innovation Hub dan DNA Kreative Kudus serta Beceer salah satu tenant Innocircle mengadakan audiensi bersama menteri koperasi dan UMKM. Firdaus Putra, Ketua Komite ICCI memaparkan isu isu strategis untuk Koperasi dan UMKM ; transformasi digital bagi koperasi eksisting, startup coop bagi millennial dan platform coop bagi UMKM dan Beceer menjadi percontohan startup Coop. Menteri memberikan respon yang positif bahwa model seperti Beceer ini perlu dikembangkan lebih banyak lagi oleh generasi millennial.

Beceer, adalah startup coop yang menyediakan jasa pemesanan sayuran segar berbasis teknologi digital. Memberikan solusi bagi  persoalan ibu ibu dalam belanja sayur di Banyumas lebih mudah serta memperluas pangsa pasar pedangang sayuran dalam menjual sayuran nya. Karya anak Banyumas, Bayu Lukman Yusuf bersama teman teman nya menginisiasi startup  ini, Beceer memiki pertumbuhan yang eksponensial selama 8 bulan terakhir.

Diinkubasi oleh incubator startup di Purwokerto, yakni Innocircle Initiative Beceer bergabung sejak April 2019 mengikuti proses mentoring dan coaching yang intensif dengan tujuan supaya beceer mampu tumbuh secara berkelanjutan. Tidak hanya beceer, tetapi Innocircle juga menginkubasi 8 startup coop lainya yakni Bookcircle.id; Sewaa.in; Homipedia.com; jajan.in ; OnPrint.id ; Helo Mentor ; CrowdCircle.id, Sributukang.Com

Kini, Beceer memiliki 80 transaksi setiap minggu nya dengan user download sebanyak 4000 dengan user aktif sebanyak 3300 orang. Tingginya peminat beceer di Banyumas, mendorong beceer untuk melebarkan sayap ke kota kota terdekat di Banyumas yakni Cilacap, Purbalingga dan jaringan koperasi Probolinggo CU Mandiri.

Anis Saadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X