10 Ide Dipresentasikan dalam Startup Picth Idea Competition

PURWOKERTO. InnoCircle Initiative selenggarakan Startup Coop Pitch Idea Competition pada Rabu, 7 Agustus 2019 bertempat di Inno Café, Kopkun Swalayan Lt. 2. Pitch Idea ini mengambil 5 tema besar yang ditawarkan bagi peserta yaitu stunting, sampah, UMKM Kuliner, parkir, dan bursa tenaga kerja. Tujuan dari kompetisi ini yaitu membangun ekosistem startup di Purwokerto dan sekitarnya yang bersifat menyelesaikan masalah dan memberikan peluang bagi startup pemula yang sedang bertumbuh dengan fasilitas berupa inkubasi.

Sejak hari pertama pengumuman (Juli 26) sampai penutupan, terkumpul ada 10 ide terpilih yang kemudian dipresentasikan. Ada tiga dari total lima tema yang dipilih peserta yaitu UMKM, Sampah, dan Bursa Tenaga Kerja. Ke 10 ide dan gagasan inovatif tersebut adalah Sewaa.in (platform sewa menyewa), Cemar (aplikasi pengolah sampah dan informasi), SikResik (jual beli dan pengelolaan sampah), Penanganan Sampah, Nyampah (aplikasi distribusi sampah), Gorengan Buah, Halal Foodbev, Kopi Semaya, Serabine.co, dan Sarjana Chips dan berasal dari Purwokerto, Banjarnegara, hingga Cilacap.

Presentasi dilakukan dengan metode business model canvas (BMC) dan ditinjau oleh Aef Nandi (founder Pedihelp), dan Bayu Lukman (CEO Beceer). Bukan hanya presentasi saja namun menerima masukan-masukan dan peserta mendapatkan fasilitas tips pitching pada akhir sesi presentasi. Aef Nandi berpendapat rata-rata kekurangan yang perlu dilengkapi oleh peserta adalah bagian bisnis model dan bagaimana mempresentasikan ide dengan menarik. Bayu Lukman juga turut memberikan masukan agar lebih mendetail lagi dalam solusi yang ditawarkan dengan tambahan data.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir tamu dari International Coop Alliance, Ivjyot Singh dan Simren Singh sebagai program officer yang sedang berkunjung untuk melihat model inovasi koperasi baru di Indonesia tepatnya di Purwokerto. Di Purwokerto sendiri, InnoCircle menjadi inisiator inkubasi dalam pembentukan model startup baru berbasis model koperasi. Pada hari sebelumnya (6 Agustus 2019)  oleh InnoCircle juga telah mempresentasikan 3 startup inkubasinya yang sedang berjalan yaitu Pedihelp, Beceer, Bookcircle, dan satu yang sedang pengembangan model bisnis yaitu Sewaa.in.

international coop alliance

Selanjutnya, peserta dengan ide terpilih dalam pitch idea competition akan mendapatkan kesempatan diinkubasi oleh InnoCircle. Diharapkan, pitch deck ini bukan hanya dapat memberikan pengalaman bagi peserta yang berasal di daerah lokal Banyumas namun tumbuh banyak solusi akan penyelesaian permasalahan-permasalahan yang ada di sekitar.

Marfa U

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X