Inno Talks “Analisis Bisnis Startup Dalam Pengambilan Keputusan”

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah dan kecepatan produksi data telah meningkat drastis di banyak industri terutama startup. Para praktisi pun menganggap data sebagai ‘bahan bakar’ baru dalam menentukan keputusan bisnis.

Menurut Hanna Al Zahra, Kuelap’s Director of Business Development Southeast Asia. Data digunakan untuk mendeteksi penyakit sejak dini sehingga dapat mengurangi resiko yang tidak diinginkan. Selain itu data digunakan untuk membangun produk yang user-centric, pengambilan, pengolahan, serta analisis data menjadi sangat penting.Satu kesalahan fatal yang terjadi pada proses tersebut, akan membuat performa produk menjadi kurang baik.

“Untuk menghindari kehancuran sebuah perusahaan, maka diperlukan deteksi dini melalui analisis data yang tepat, di bisnis startup data diolah dan digunakan dengan sangat serius. Semua keputusan bisnis yang dilakukan berbasis data, misalnya pengembangan user experience atau keputusan strategi harga,” ujar Hanna.Dengan menggunakan data yang tepat startup bisa mengetahui kebutuhan serta memprediksi kebutuhan yang akan datang. Dengan demikian keputusan yang akan diambil akan tepat sasaran.

“Dalam mengolah data sangat penting diperhatikan variabel keakuratan data, kecepatan dan pada waktu yang tepat agar tidak terjadi bias dalam pengambilan keputusan dan terlambat,” kataya.

bisnis startup

Untuk mengolah data di startup diperlukan profesi data scientist yang dapat menganalisis untuk memberikan rekomendasi dalam pengambilan keputusan. Diperlukan software yang akurat yang dapat mengambil data secara kesuluran.

Melalui Inno Talks: Startup Business Analytic for Decision Making, Hanna berbagi pengalaman gagal nya ketika menjadi konsultan di Startup Kanopi yang dalam posisi krisis mendekati kegagalan. “Saya berharap teman teman dapat mengambil pelajaran dari pengalaman kegagalan saya di Kanopi dan dari pengalaman itu saya menerapkan di startup yang saya rintis saat ini yakni di Kuelap perusahaan fintech yang saat ini di Bandung” Ujarnya

Anis Saadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X