Marketing Mentoring for Startup Coop: Pahami Dahulu Bisnismu

startup weekly mentoring

InnoCircle kembali mengadakan program mingguan berupa mentoring bisnis bagi startup coop yang diinkubasi pada Jumat, 21 Juni 2019. Tema yang dihadirkan pada minggu ini adalah marketing dalam bisnis untuk startup coop dan menghadirkan Bapak Eling Saptono dari Kopkun Institute sebagai mentor sebelum weekly meeting minggu ini. Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap minggu untuk memberikan insight terutama dalam bisnis dan manajemen bagi startup coop inkubasi InnoCircle yaitu Beceer, Pedihep, BookCircle, dan Sewain sebelum melaporkan progress mingguan startup mereka untuk kemudian mendapat masukan-masukan.

InnoCircle weekly mentoring

Pak Eling mengawali sharing session dengan berbagi pengalaman bagaimana beliau tumbuh dan berkembang di bisnis dengan mengenal secara dalam potensi diri yang dimiliki. Pengantar pengenalan lebih dalam itu juga sama dengan bisnis, yaitu pahami terlebih dahulu secara mendetail. Hal tersebut dimaksudkan agar nantinya dapat menganalisis kelemahan produk apa yang dijual ketika dikenalkan dalam pasar.

Pemahaman dalam bisnis tersebut kemudian akan menumbuhkan bisnis itu sendiri jika SDM yang didalamnya benar-benar mampu mengenal dan mengelola. Caranya dengan analisis sekitar dan mengubah strategi kemudian dijalankan dengan manajemen yang baik. Bisnis, dalam bentuk apapun itu selain harus benar-benar disukai dan ada kemauan untuk belajar dan bertumbuh. Cintai dan pahami bukan hanya pada dilakukan oleh pimpinan, namun seluruh anggota bagian-bagian di dalamnya.

Jika sudah paham secara detail maka akan lebih mudah juga mengenalkan dan menjelaskan apa saja yang ditawarkan dari produk yang dipunyai seperti keuntungan dan manfaat bagi customer. Bagaimana produk tersebut akan diterima dan bahkan digunakan oleh pasar. Penawaran-penawaran secara detail dan pendekatan yang kontinu itulah yang selanjutnya akan lebih mudah mendapatkan kebutuhan pasar yang dapat dieksekusi di produk kita.

Bisnis yang telah dipahami dan kemudian disukai, hal selanjutnya adalah bagaimana mendapatkan pundi-pundi pendapatan yang dikombinasikan dengan kerja kreatif. Menurut Bapak Eling dalam mentoring bisnis & sharing tersebut, bisnis sudah dipahami dan disukai namun tanpa kekreatifitasan akan berakhir tersaingi oleh produk dari kompetitor.

“Bisnis itu jangan seperti obat nyamuk, kenalkan dan kuasai pasar di area lokal sebelum kemudian barulah meluas. Bisnis yang telah menciptakan suasana engagement di wilayah lokal, maka akan lebih mudah lagi merambah ke pangsa pasar yang lebih besar di wilayah lain.”

Anis Saadah, CEO InnoCircle juga turut memberikan insight dalam sharing session tersebut agar setiap masing-masing pribadi dalam organisasi startup tersebut dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan berusaha semaksimal mungkin mencapai target harian. Target-target kecil harian tersebut itulah yang kemudian akan menjadi milestone dan berdampak besar terhadap pertumbuhan bisnis.

Dari sharing session tersebut dapat disimpulkan bahwa baik pendekatan dalam pengenalan ke masyarakat maupun melakukan target harian, dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi dari tindakan tersebut.

Marfa U

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Webb Application Security