Bincang dan Menghitung Valuasi Startup Coop dengan Tani Box

valuasi startup

Bicara tentang startup tak terlepas dari yang namanya valuasi, namun berbeda dengan bentuk konvensional sebelumnya berupa nilai aset. Dalam startup, ada pendekatan yang lebih agile dengan penggunaan Gross Merch Value yang dihasilkan dari traksi. Traksi dalam startup didapatkan dan dinilai memiliki value jika menjadi problem solver bagi target yang menggunakan. Kesempatan berdiskusi mengenai valuasi dalam startup coop tak dilewatkan oleh InnoCircle pada Kamis, 13 Juni 2019 di InnoCafe dengan Panji Narendra, Finance dari Tani Box.

valuasi startup

Diskusi yang dilakukan dua arah ini diikuti dengan sangat antusias selama 2 jam penuh dan diikuti oleh pegiat startup, komunitas di Purwokerto, hingga konsultan bisnis. Bukan hanya berbicara mengenai valuasi, namun menjadi kesempatan yang besar bagi para peserta karena banyak insight yang didapat dari pengalaman Panji dengan Tani Box.

Valuasi menjadi penting agar startup dapat survive dengan perhitungan yang tepat untuk dipertanggungjawabkan, terutama dalam pencarian modal pada investor. Menurut Panji, dahulu sebelum seluas sampai era saat ini, memiliki startup bisa jadi asal punya dulu dalam bentuk aplikasi—namun sekarang menjadi lebih tricky dengan adanya pertimbangan valuasi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ketika startup memiliki kualitas pemecah masalah, maka startup tersebut tak akan kehabisan demand dan supply. Maka temukanlah dahulu demand yang ada dalam sekitar area target dan kemungkinan-kemungkinan di masa depan. Kemudian jika skala sudah dinaikan, dari sinilah parameter startup dapat ditentukan.

Parameter diambil dari user base, bagaimana sebenarnya user menginginkan produk kita dengan menganalisis feedback. Dari sini dapat diberangkatkan diversifikasi produk untuk meningkatkan user base yang dapat ditujukan pada investor. Cara menilai satu user base dalam penentuan valuasi ini adalah dengan membaca pola dari kebiasaan aktivitas sebuah akun yang akan menjadi data. User base dapat ditingkatkan dengan dua hal pada aplikasi yaitu user yang terdaftar dan yang telah melakukan transaksi.

Pada kesempatan itu juga Panji mengambil perhitungan valuasi pada startup Beceer, salah satu startup yang diinkubasi InnoCircle dengan registered user sebanyak 500 dan memiliki valuasi sebanyak 1.2 M menurutnya. Perhitungan tersebut didapatkan dari revenue harian minimal transasksi Beceer yang didapatkan dari ongkos pengantaran sebanyak Rp 7.000 dikalikan 500 users dan 365 hari. Dari sini dapat diambil kesimpulan perlunya memaksimalkan kebutuhan user, bagaimana startup dapat menariknya menjadi konsumer serta menjadikannya user yang melakukan repeat order.

Diskusi yang dimoderatori Anis Saadah tersebut juga dilanjutkan dengan menjadi ajang untuk sharing dan konsultasi bisnis terutama bagi pegiat startup.

Terus ikuti akun innocirle.id untuk mendapatkan info seputar startup dan even startup di Purwokerto.

Marfa U

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X