1000 Startup Digital Hadir di Purwokerto Berkolaborasi Bersama Innocircle dan FEB Unsoed

Pertumbuhan Startup digital di Purwokerto saat ini mulai menjadikan tren gaya hidup masyarakat. Tingginya angka layanan digital dalam memenuhi kebutuhan sehari hari mulai dari transportasi, pesan layanan makanan, pembelian kebutuhan sayuran, pemesanan tukang,dll  menjadikan ekosistem bisnis di Purwokerto untuk Go Digital. Hal ini yang menjadi pertimbangan dari Gerakan 1000 startup hadir di Purwokerto.

Gerakan Nasional 1000 startup digital adalah  sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. Gerakan ini diinisiasi oleh KIBAR dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

1000 startup yang saat ini sudah berada di 10 kota besar di Indonesia, kali ini mengajak pelaku startup lokal di Purwokerto untuk berkolaborasi bersama Innocircle dan FEB Unsoed untuk bersama sama menyongsong gerakan ini.

Hari Jumat, 14 Juni 2019 KEMKOMINFO, 1000 Startup, InnoCircle dan FEB Unsoed melakukan kesepakatan pelaksanaan program Startup di meeting room senat FEB Unsoed. Dalam pertemuan ini disampaikan oleh Chai dari pihak 1000 “Pihaknya yang saat ini telah menyelenggarakan program ini di 10 kota besar, kali ini akan berada di Purwokerto. Harapanya dengan program pengenalan ini akan mendapat antusiasme yang besar dari anak muda di Purwokerto”

Program awal dari kegiatan ini akan diselenggarakan workshop pengenalan startup yang akan diselenggarakan tanggal 26 Juni 2019 dengan target peserta hingga 300 orang. Anis Saadah Founder Innocircle menyampaikan “Melalui komunitas Innocircle yang telah dibangun nya melalui roadshow innocircle ke kampus di Purwokerto, harapanya pesertanya tidak hanya dari Unsoed saja tetapi bisa dari kampus kampus lain yang memiliki visi digital. Diharapkan setelah kegiatan langsung akan terbentuk team startup yang terdiri dari Hacker,Hustler dan Hipster”.

Gerakan 1000 startup bukan sekedar event workshop, justru event ini hanyalah awal dari proses membangun startup di Purwokerto. Setelah kegiatan tersebut akan ada berbagai program lanjutan, mulai dari proses inkubasi, boot camp, mentoring, networking. Menyiapkan startup hingga siap ke lapangan dan menghubungkan ke jaringan investor yang ada Nasional.

Dari FEB Unsoed menyampaikan “Pihaknya menyambut program ini dan menekankan agar embrio embrio startup yang terbangun, jangan sampai ditinggalkan begitu saja. Harus ada followup yang terstruktur agar betul terciptanya startup digital di Purwokerto. Dan dari kampus siap mendukung dari fasilitasi tempat dan SDM” Kata Novita, Kepala LAB Koperasi dan UKM Unsoed

Membangun Startup tidak sekedar membuat aplikasi digital, didalamnya terdapat proses panjang yang membutuhkan kedisiplinan dan komitmen para founder startup dan harus diimbangi dengan Kepemimpinan yang tangguh.  

Anis Saadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X