Mentoring Tenant StartUp Coop InnoCircle Bersama Ketua Dekopinda Banyumas

mentoring startup

Program mentoring yang diselenggarakan oleh InnoCircle setiap satu minggu sekali, menjadi program intensif yang diikuti oleh startup coop yang sedang diinkubasi oleh Inno. Selain mentoring startup, tenant juga mendapat berbagai fasilitas diantaranya pendanaan, fasilitas ruang kerja, dan daya dukung jaringan.

Tema mentoring startup minggu ini mengenai management bersama Arsad Dalimunte, HC selaku ketua Dekopinda Banyumas. “Selama ini manajemen terlihat sebagai konsep yang birokratis, kaku dan tidak fleksibel. Dan seringkali dihindari oleh para entrepreneur karna dianggapnya menghambat. Hal ini berbeda dengan entrepreneur yang cenderung gesit, enerjik dan inovatif. Tetapi dua hal ini saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan”, menurut Anis yang membuka kelas siang hari ini.

Tepat pukul satu sesuai dengan jadwal yang diagendakan pak Arsyad Dalimunte mengawali dengan memberikan pemahaman mengenai konsep Entrepreneurship dan Intrapreneurship. Entrepreneurship memiliki karakteristik menciptakan suatu gagasan dan karya. Sedangkan Intrapreneurship memiliki karakteristik menjawab bagaimana sebuah gagasan direalisasikan.

Dalam merealisasikan gagasan, diperlukan manajemen perusahaan. Arsyad Dalimunte menekankan tiga pilar utama dalam manajemen startup yakni, Pertama adalah struktur, yang terdiri dari taktik, orang, dan job desk. Menempatkan orang yang tepat di ruang yang tepat sekaligus memberikan job deskripsi sesuai dengan tugasnya menjadi inti dari pilar pertama.

Yang kedua adalah menciptakan kultur perusahaan. Kultur menjadi identitas dari perusahaan startup yang tercirikan dari seluruh individu didalamnya. Bagaimana nilai-nilai menjadi kesepakatan bersama dan ditaati.

Dan yang terakhir adalah strategi, yang dimaksud dalam strategi ini didalamnya meliputi strategi operasional, strategi pemasaran, perencanaan dll

Pengusaha, 90% keberanian, 10% teknis

Memilih menjadi seorang entrepreneur bukan perkara mudah, kepastian dalam profesi ini adalah ketidakpastian. Sehingga menuntut orang orang yang terlibat didalamnya memiliki mental yang tangguh dan yakin usaha yang ditempuhnya.

Arsad menyampaikan “Pengusaha 90% adalah keberanian dalam mengambil segala keputusan dan menerima resiko, sedangkan 10% adalah pekerjaan teknis”

Kelas menjadi cair dengan berbagai analogi dan humor dalam penyampaian tanpa menghilangkan substantif dari tema kelas yang berlangsung. Dalam sesi diskusi, startup yang diinkubasi oleh Inno sudah meyakini mengambil jalan di startup dan memiliki tekad kuat untuk mewujudkanya.

Anis Saadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X