Kapan Waktu Yang Paling Tepat Untuk Memulai Sebuah Usaha?

Kapan Waktu Yang Paling Tepat Untuk Memulai Sebuah Usaha?

Memulai sebuah bisnis tidak harus menunggu saat kita sudah siap, yang terpenting kita harus memiliki komitmen dan menjalankan dengan sepenuh hati. Banyak pengusaha dan para pakar mengatakan dengan memulai pekerjaan paruh waktu dapat membangun bisnis anda secara bertahap karna dengan paruh waktu kita mendapatkan penghasilan yang bisa digunakan untuk membangun sebuah usaha/bisnis serta mendapat pengalaman kerja di dunia kerja. Memulai pekerjaan paruh waktu adalah cara mudah terbaik untuk memulai sebuah bisnis tanpa harus berhenti dari pekerjaan utama menurut Philip Holland. Dengan memulai bisnis saat sedang melakukan pekerjaan paruh waktu kita dapat mengetahui apa yang diperlukan dalam menjalankan bisnis dan bagaimana kita membatasi tanggung jawab kita jika sewaktu – waktu gagal. Akan tetapi, memulai bisnis sambal bekerja paruh waktu juga memiliki resiko tersendiri saat memulai bisnis baru  seperti memiliki lebih sedikit waktu untuk memasarkan bisnis kita, menyusun strategi, dan membangun klien.

Saat bekerja paruh waktu kita terkadang tidak bisa untuk menjawab panggilan klien sehingga membuat klien berfikir kita tidak serius dalam memulai usaha ini. Dan risiko lainnya dengan membangun bisnis sambil bekerja paruh waktu akan membuat kita mungkin kehilangan banyak waktu dengan keluarga teman dan membuat tubuh kita bekerja lebih banyak dari biasanya. Menurut Sanow jika kita bisa mengatur waktu dengan baik, disiplin yang kuat serta mendapat support dari keluarga dan teman kita bisa memulai bisnis dengan komitmen dari diri sendiri.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika kita memulai sebuah bisnis seperti keadaan ekonomi di sekitar kita, target pasar kita, serta potensial dari orang – orang sekitar kita. Kita harus selalu melakukan penelitian yang luas, membuat proyeksi pasar untuk bisnis yang sedang kita bangun dan menetapkan tujuan untuk bisnis yang kita kembangkan. Dalam memulai bisnis sambil bekerja paruh waktu, hal yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar dan membuat rencana bisnis yang lebih realistis dalam bisnis yang akan kita bangun. Banyak pengusaha yang memulai bisnis online shop sambil bekerja paruh waktu  Situs gaya DIY seperti Etsy memungkinkan orang di bidang kreatif untuk meluncurkan tanpa komitmen dari toko online mereka sendiri. Dan eBay tetap menjadi platform bagi mereka yang berada di ritel untuk mendirikan toko online (secara eksklusif atau tidak). Mendirikan bisnis berbasis pesanan online memmpunyai keuntungan sendiri seperti efisiensi waktu cepat, mudah, dan lebih mudah untuk memulai. Walaupun bisnis online terlihat mudah pada zaman, tidak berarti itu tidak terlalu penting untuk diperhatikan.

Dalam hal finansial, sebagian besar ahli merekomendasikan untuk menyisihkan keuangan untuk kebutuhan hidup jadi tidak semuanya di limpahkan ke bisnis atau usaha. Dalam menyusun keuangan kita untuk memulai bisnis pasti kita sudah memikirkan  kapan bisnis ini menghasilkan cukup uang untuk kedepannya. Jika kita berfikir bahwa memulai sebuah usaha itu sangat berat di  sini ada beberapa entrepreneur yang sudah mempunyai nama di dunia baik nasional maupun internasional dan mempunyai banyak bisnis tidak hanya fokus pada satu bidang. Dua entrepreneur yang sukses pada bidangnya ialah:

  • Guy Ramsay Perry (Chef, TV personality, Donkey Sauce maker)

Semenjak umur 10 tahun, Guy Ramsay Perry dan ayahnya sudah memulai bisnis mereka sendiri. Ia membuat gerobak beroda tiga dan dinamai “The Awezome Pretzel”, lalu mulai berjualan pretzel (kue kering yang memiliki rasa asin). Guy Fieri sangat tertarik dengan dunia kuliner. Ketika dia menginjak umur 16 tahun, Guy Fieri mulai belajar pendidikan kuliner di Perancis selama satu tahun. Ketika dia masih memiliki status sebagai mahasiswa di University of Nevada, Las Vegas, dia telah mencari nafkah sendiri dengan bekerja di beberapa restoran. Bahkan dia telah ditugaskan sebagai seorang flambe captain dalam beberapa waktu. Fieri berkata kunci untuk memulai bisnis adalah tentang keseimbangan Dia mengandalkan timnya dan timnya juga bergantung padanya, dan mereka menyesuaikan dan mengakomodasi saat mereka pergi.

  • Tim Ferris (Author, investor, podcaster)

Ferriss merupakan seorang penulis yang produktif, podcaster, investor dan mentor start up. Ia merasa ada tuntutan pada masanya yang membuat dirinya terpicu untuk terus – menerus melakukan hal yang produktif. Ia berkata ketika kita sudah terbiasa dengan bersaing dan menyelesaikan segala permasalahan yang ada maka kita merupakan orang yang sukses.

Dapat disimpulkan bahwa waktu yang tepat untuk memulai sebuah bisnis bisa kapan saja tidak harus menunggu kita sudah punya pekerjaan tetap dan uang yang cukup. Hanya dengan modal keinginan yang kuat, konsisten terhadap apa yang akan kita mulai, disiplin serta bertanggungjawab atas apa yang telah dimulai. Dan memulai bisnis itu tidak harus menunggu berumur karena di era milenial saat ubu banyak sekali anak muda yang sudah memulai bisnis startup  yang juga sekaligus menciptakan banyak lapangan pekerjaan.

Supporting urls:

imgsc: pixabay

The article was composed by Farisa Julia Herman, UNSOED International Relations ’16 (Inno Internship Programme Batch I)

Edited by: Marfa U

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X