A GOOD TEAM FOR A GOOD STARTUP

tim dalam startup, good team in a startup

Perkembangan dunia teknologi memberikan banyak dampak positif pada efisiensi dan kemudahan dalam menjalankan suatu perusahaan. Apalagi dengan maraknya sebutan perusahaan “startup” belakangan ini bermunculan seperti Go-Jek, Grab, Uber, Air BnB, dll. Namun, masih banyak khalayak yang awam akan definisi dari perusahaan startup itu sendiri. Perusahaan startup pada umumnya merupakan suatu perusahaan yang baru berdiri dan masih pada tahap pengembangan untuk menemukan pasar yang tepat sasaran. Definisi ini kemudian mengalami pergeseran arti, yakni pada saat ini perusahaan startup ini ialah perusahaan rintisan dan mengusung inovasi-inovasi teknologi informasi terkini dan platform digital di dalamnya.

Maraknya perusahaan startup ini menggerakan hasrat para entrepreneur muda untuk membuat perusahaan startupnya sendiri. Namun untuk menjalankan perusahaan ini, butuh lebih dari 2 tangan untuk mengoperasikannya. Dalam artian lain, dibutuhkan sebuah tim start-up yang kuat, mendukung, efektif yang dapat bekerja sama, eksekusi dan sesuaikan ide sangat mendasar untuk memulai dan mempertahankan keberhasilan suatu bisnis startup. Di bawah ini ada beberapa kiat-kiat khusus tentang bagaimana cara membuat suatu tim yang solid dalam bisnis startup.

1. Identifikasi Posisi

Untuk mengawali sebuah perusahaan startup, pastikan bahwa kita sebagai pendiri harus menentukan bagaimana keputusan akan dibuat di dalamnya. Dimulai dari teknis dan strategi pemasaran dan juga tentunya menentukan struktur dan pondasi perusahaan startup yang ingin kita bangun. Setelah hal mendasar tersebut telah dirumuskan, lalu kita harus mengidentifikasi posisi yang diperlukan untuk melengkapkan tim rintisan perusahaan startup. Pekerjaan dalam SEO, penjualan & pemasaran, pemrograman, manajemen akun, dan manajemen proyek hanyalah beberapa contoh posisi yang perlu diisi. Saat mengidentifikasi posisi-posisi ini, sebisa mungkin untuk memprioritaskan mereka dan menemukan orang-orang dengan bakat yang tidak dimiliki anggota tim lainnya.

2. Tajamkan Tujuan Untuk Menang.

Masing-masing individu yang terdapat di dalam suatu tim tentunya akan memainkan peran yang berbeda, tetapi mereka semua memiliki tujuan yang sama – untuk menang. Jika semua orang melakukan pekerjaan mereka dan memastikan mereka melindungi orang lain, maka akan sangat memungkinkan untuk memiliki peluang lebih baik untuk menang. Ini berlaku untuk individu, tim, dan perusahaan. Jika perusahaan tidak memiliki arah yang jelas dan tidak mengukur kemajuan di sepanjang jalan, ada banyak kesalahan yang akan tidak terhindarkan, seperti membuang waktu yang akan mengakibatkan kerugian materiil, tentu masalah ini bisa mengagalkan suatu perusahaan startup untuk meraih kesuksesan.

3. Memanfaatkan Sosial Media Sebagai Salah Satu Ujung Tombak Dalam Perusahaan.

Sosial media pada zaman sekarang ini menuai banyak kegunaan positif, terutama untuk menjalankan suatu bisnis. Akses untuk menggunakan sosial media pun juga sangat mudah. Celah ini bisa sangat berguna untuk setiap anggota tim untuk memasarkan konten yang terdapat di dalam perusahaan startup tersebut.  Selain itu, anggota tim dapat memanfaatkan sosial media ini untuk membentuk grup yang akan membantu dan memudahkan mereka dalam berkomunikasi di luar perusahaan. Tentu saja dengan kesadaran masing-masing orang untuk tetap pada aturan yang tidak merugikan siapapun.

4. Banyak Menggunakan Ruangan Terbuka Untuk Bekerja

Seperti kita tahu bahwasanya perusahaan konvensional/korporasi selalu terpaku agar karyawan/timnya untuk bekerja di dalam ruangan kantor yang sifatnya cenderung kaku dan tertutup. Hal ini bisa menyebabkan rentan datangnya stress dan pikiran yang buntu. Maka dari itu sebagai perusahaan yang berbasis startup, ada baiknya memunculkan inovasi-inovasi untuk mengajak tim keluar dari kantor, seperti di kedai kopi, restoran, hingga tempat rekreasi untuk bekerja. Hal ini juga bisa menjadi bagian yang dapat membuat semua anggota tim lebih mengenal satu dengan lainnya. Gunakan 1 atau 2 kali dalam 1 bulan untuk keluar dan menghabiskan waktu bersama di luar kantor. Menikmati secangkir kopi, menghirup udara segar dan suasana yang baru dan saling bertukar pikiran, akan lebih merekatkan hubungan antar anggota tim. Bahkan tidak ada yang menyangka, jika acara sederhana ini bisa saja memunculkan ide-ide baru untuk bisnis yang sedang dijalani. Jadi, sudah siap menampilkan yg terbaik dari timmu?

imgsc: pixabay

The article was composed by Andre Septio, UNSOED International Relations ’16 (Inno Internship Programme Batch I)

Edited by: Marfa U

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X