Rahasia Digital Marketing Dalam Startup

digital marketing

Dunia ini terus berevolusi, berkembang dengan sangat cepat mengikuti arah globalisasi. Dunia digitalpun juga terus berkembang hingga memasuki dunia bisnis. Dimulai dengan adanya bisnis startup yang sekarang ini sedang sangat diminati oleh banyak kalangan pebisnis, mulai dari anak muda hingga pebisnis yang sudah profesional. Bisnis startup ini tidak dapat dipisahkan dari dunia pemasaran, yang disebut dengan digital marketing. Hal ini dikarenakan pemasaran secara konvensional sudah tidak dianggap efektif dan efisien. Digital marketing di sini berkaitan dengan segala aktivitas promosi dan pemasaran yang pelaksanaanya menggunakan media digital seperti internet dalam bentuk foto, video dan tulisan yang dapat menjangkau konsumen secara cepat dan tepat.

            Bisnis startup tentunya harus memiliki strategi digital marketing yang digunakan untuk menarik banyak minat para konsumen dan memperlihatkan bahwa eksistensinya dalam bisnis dapat berkembang. Rahasia dari strategi digital marketing agar dapat berkembang adalah dengan membuat konten semenarik mungkin seperti Facebook, YouTube, Instragram, Google, Linkedln, Quaro dan SEO. Dengan adanya konten-konten yang menarik seperti itu, hal tersebut akan mendorong para pengguna internet untuk mengakses halaman tersebut. Yang dibutuhkan oleh para pebisnis startup disini adalah dengan membuat platfrom yang baik dan ramah lingkungan bagi para penggunanya.

            Nah, konten merupakan suatu hal yang penting dalam menunjang promosi dan pemasaran yang akan digunakan. Konten yang kreatifpun tidak hanyafokus pada promosi saja, namun juga perlu adanya sifat mengedukasi kepada pelanggan. Edukasi ini akan memberikan pemahaman kepada para konsumen agar tidak merasa kebingungan produk apa yang ditawarkan dan rekomendasi produk yang tepat. Edukasi tersebut dapat tertuang melalui foto, video maupun desain grafis. Pun, rahasia dari berjalannya digital marketing tidak hanya melalui konten saja, namun juga bisa dengan menciptakan brand yang seunik mungkin dan mudah dipahami oleh para konsumen, tentang apa yang akan di pasarkan. Sehingga para konsumen akan lebih mudah tertarik.

            Salah satu dari sekian banyak startup yang sangat populer pada sekarang ini di Indonesia adalah Tokopedia yang terus berinovasi dalam menawarkan berbagai fitur-fitur yang dibutuhkan dan memberi kemudahan untuk para konsumen mendapatkan barang maupun jasa yang sedang diperlukan. Konten serta branding dalam promosinya yang baik dan memberikan kemudahan untuk para penggunanya, membuat tokopedia menjadi banyak digunakan dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Tokopedia sendiri, seperti yang telah kita tahu sudah menjadi unicorn atau sebutan untuk startup dengan nilai investasi yang besar, dengan nilai valuasi lebih dari US$ 1 M hingga US$ 10 M. Hal tersebut dapat menjadi contoh bagi startup-startup yang sedang berkembang dalam meningkatkan branding melalui digital marketing dalam mendukung kegiatan yang menimbulkan traksi dalam startup tersebut.

Supporting urls:

  • https://www.bizcommunity.com/Article/196/16/179535.html
  • https://www.liputan6.com/news/read/3898189/4-startup-unicorn-di-indonesia
  • https://www.rocksdigital.com/digital-marketing-ebooks/

imgsc: pixabay

The article was composed by Sheila Safira Putri, UNSOED International Relations ’16. (Inno Internship Programme Batch I)

Edited by: Marfa U

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X