Membangun Brand Yang Kuat Dalam Bisnis dan Startup

brand your business

Memiliki produk yang bagus dan pelayanan yang memuaskan belumlah cukup untuk mengembangkan produk kita. Untuk menarik perhatian konsumen perusahaan startup saat ini membuat strategi dimana nantinya strategi tersebut akan menjadi tolak ukur dan landasan bagi perusahaan. Pada masa ini produk dengan satu jenis kegunaan sudah banyak diproduksi oleh banyak perusahaan. Tidak hanya produk, pelayanan jasa pun saat ini sudah semakin banyak dilakoni oleh perusahaan perusahaan. Persaingan produk hanya dengan berkompetisi siapa yang memiliki kualitas paling bagus atau bisa menghasilkan jumlah produk paling banyak saat ini menjadi kurang relevan. Pembuatan nama sebuah produk atau branding saat ini menjadi alat yang efektif dalam menanamkan mindset kepada calon konsumen agar mereka mau membeli dan menggunakan produk kita meskipun banyak kompetitor dari perusahaan lain yang memiliki produk yang sama dengan kita.

Ada banyak ribuan bahkan jutaan perusahaan yang memproduksi barang yang sama seperti yang kita produksi. Banyak dari mereka yang memiliki kualitas yang sama, lebih, atau bahkan dari kualitas yang kita produksi. Melihat situasi ini konsumen cenderung tidak lagi melihat bagaimana kualitas ataupun kuantitas dari produk tersebut. Mereka akan cenderung mulai untuk melihat bagaimana brand ataupun nama dari produk tersebut. Pemberian nama produk yang menarik dan up to date serta mudah diingat akan cenderung lebih laku terjual dari pada produk sejenis yang kemasan atau brandnya biasa saja atau bahkan tidak memiliki nama atau brand sama sekali. Seperti yang dikatakan oleh Philip Kotler yang dikenal juga sebagai bapak marketing dunia ia mengatakan bahwa merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau desain atau kombinasi dari mereka, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang dan jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan untuk membedakan mereka dari para pesaing.

Sebagai contoh kita bisa melihat perusahaan startup seperti Gojek. Mereka merupakan perusahaan startup di bidang transportasi, logistik dan pembayaran asal Indonesia. Saat ini Gojek sudah memiliki mitra sebanyak 400.000 pengemudi termasuk motor, mobil, dan truk. Gojek mengambil ide sederhana yang berkaitan dan dekat dengan masyarakat Indonesia dengan membuat startup transportasi ojek berbasis online. Gojek memberikan kemudahan lebih terhadap konsumennya dengan memberikan aplikasi yang dapat memesan driver dan menjemput serta mengantarkan mereka ke tujuan mereka. Gojek memberikan kepastian dan jaminan terhadap konsumennya melalui kemudahan seperti penjemputan dimanapun konsumennya berada serta kejelasan biaya atau ongkos perjalanan yang sudah dihitung oleh sistem. Hal tersebut yang menjadikan gojek lebih unggul dibandingkan dengan ojek konvensional atau ojek pangkalan. Selain transportasi gojek juga memberikan layanan logistik serta pembayaran online untuk beberapa tagihan. Dengan mengambil ide sederhana ini mereka berhasil menciptakan brand startup transportasi online berupa ojek yang sebelumnya sudah lama ada di Indonesia kemudian mereka merebranding ojek konvensional menjadi ojek online dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh mereka.

Memiliki konsep yang hebat akan selalu menjadi persyaratan untuk usaha yang sukses. Tetapi dalam lingkungan yang dinamis dan sangat kompetitif saat ini, pengusaha perlu mengenali branding sebagai aset penting — tidak hanya dalam dirinya sendiri, tetapi untuk membantu membimbing ratusan keputusan yang akan dibuat para pendiri dalam perjalanan mereka ke skala yang menguntungkan. Membuat pesan yang bermakna sejak dini akan menghasilkan hadiah yang bertahan lama setelah diluncurkan. 

Supporting sources:

  • https://blog.sribu.com/id/strategi-branding-bisnis-anda/
  • https://infodigimarket.com/4-cara-menjadikan-brand-anda-semakin-di-puja-pelanggan/
  • https://www.sepulsa.com/blog/cara-kerja-gojek-grab-uber

imgsc: pexels

The article was composed by Bagas Tri Ujianto, UNSOED International Relations ’16 (Inno Internship Programme Batch I)

Edited by: Marfa U

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X