Inno Goes to Campus: Sebarkan Gerakan StartUp di Purwokerto

startup purwokerto

InnoCircle Initiative sebagai inkubator startup coop di kota kecil Purwokerto terus memasifkan semangat gerakan startup di Purwokerto, salah satunya dengan mengajak anak muda berusia produktif yang berada di kampus-kampus. Anak muda, digadang-gadang disebut pada mereka yang masih memiliki semangat yang tinggi dan energi yang menggebu-ngebu. Tema keseluruhan yang dibawakan pada program Inno Goes to Campus ini sendiri yaitu bagaimana memulai startup sejak di bangku perkuliahan. Tujuan dari program Inno Goes to Campus sendiri tentunya bukan hanya mengenalkan secara dasar apa itu startup dan Inno sendiri sebagai inkubator—namun memberikan tantangan bagi mereka yang antusias untuk membangun startup.

Melihat bahwa pertumbuhan dan perkembangan startup di Purwokerto di kalangan kampus bahkan kampus IT belum begitu terlihat secara cepat, melalui program ini InnoCircle memberikan kesempatan bagi para mahasiswa khususnya agar mengenal startup lebih dalam dimulai dari dasar. Beda dengan kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta yang sudah hampir di segala penjuru memiliki macam-macam startup. Startup sendiri, bukanlah sesederhana perpaduan aplikasi, IT, dan bisnis semata namun lebih kompleks dengan adanya manajemen, bisnis model, traksi, dan lain-lain. Teori-teori maupun praktik tersebut tak akan ditemui di mata kuliah sehingga mahasiswa—melalui gerakan startup ini diharapkan tumbuh calon pegiat startup yang bukan hanya tertarik namun antusias dan serius. Jadi, bisa dikatakan membangun startup bukan hanya membangun sebuah perusahaan namun juga membangun sebuah karya.

Kampus pertama yang didatangi adalah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) pada Jumat, 29 Maret 2019 bertemakan Startup Roadshow. Roadshow yang diikuti sekitar 25 mahasiswa tersebut menghadirkan pembicara dari pegiat startup coop di Purwokerto, Bayu Lukman sebagai founder Beceer, dan Nur Ikhwanudin sebagai CTO InnoCircle. Bayu menceritakan pengalamannya sebagai pegiat startup dan Beceer itu sendiri serta bagaimana mendirikan startup di Banyumas dengan menggunakan studi kasus dari Beceer. Ikhwan juga menambahkan pengenalan dasar terhadap startup khususnya startup di Purwokerto. Risna Galih, selaku Presiden BEM sendiri juga memberikan gambaran ekosistem startup di kampusnya dan sudut pandang startup di kalangan mahasiswa UMP.

Inno Goes to Campus kedua dilanjutkan di STIKOM YOS SUDARSO PURWOKERTO pada Sabtu, 6 April 2019 dengan tema memulai startup dari kuliah. Feni sebagai Ketua Senat memberikan beberapa insight kepada peserta tentang bagaimana seharusnya mahasiswa memberikan dampak kepada sekitar—salah satunya melalui startup. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan ekosistem berada di dunia startup dan InnoCircle Profile sebagai inkubator oleh Marfa U (InnoCircle Media Squad) dan pengenalan menjadi pegiat startup Bookcircle yang mulai bertumbuh oleh Dinnur Rais (InnoCircle Administration Officer). Kegiatan yang diikuti oleh 30 peserta ini dilanjutkan dengan pengalaman Panggih Giri sebagai UX Designer di BukaLapak—bagaimana menjadi desainer di sebuah startup besar di Indonesia dan apa saja yang didapatkan selama menjadi bagian di dalamnya.

Kemudian yang ketiga diadakan di IT Telkom Purwokerto pada hari Rabu, 10 April 2019 dan diikuti oleh 59 orang. Pengenalan startup sendiri dibawakan oleh Aef Nandi selaku founder dari Pedihelp—apa dan bagaimana startup itu sendiri serta bagaimana memvalidasi sebuah ide. Seperti dua kegiatan sebelumnya yang berupa diskusi santai, banyak mahasiswa dengan antusias mengajukan pertanyaan mengenai startup ini seperti branding sebuah startup, mengidekan startup dengan passion, menganalisa dan riset sebuah ide, dan kesulitan apa saja yang ada dalam membangun startup.

Ketiga kegiatan tersebut memiliki tindak lanjut dengan mahasiswa yang tertarik dapat bergabung di InnoCirle Community agar lebih mudah dalam menemukan kolaborasi antar talent, konsultasi manajemen, mentoring, serta fasilitas sebagaimana tujuan dari InnoCircle itu sendiri. Jadi, tunggu kami di kampusmu selanjutnya!

Jangan lupa terus ikuti innocircle.id untuk informasi terbaru!

Marfa U

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Webb Application Security