Bagaimana Memberi Nama pada Startup Anda

Memilih nama adalah salah satu bagian dari startup yang paling sulit.

Itu juga sesuatu yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Kita semua tahu bahwa kuncinya adalah beralih untuk benar-benar membangun sesuatu yang dapat kita tempatkan di depan pengguna.

Berikut adalah tiga langkah yang bisa diambil dalam memberi nama untuk startup baru:

  1. Jika Anda bisa, simpan dua suku kata
    Seringkali kendala menjadi hal baik ketika melakukan proses kreatif seperti memberi nama startup Anda. Salah satu kendala terbaik yang ditemukan dalam penamaan startup adalah mencoba untuk tetap berpegang pada 2 suku kata. Secara umum, mengikuti aturan ini menghasilkan nama yang bagus. Lihat saja beberapa contoh dua nama suku kata Google, Facebook, DropBox, Tumblr, Flickr, HipChat, Tweetbot, Reeder.
  2. Buatlah mudah untuk diri sendiri
    Mungkin ada yang mencoba menjadi sangat pintar dalam memberi nama startup, mencoba untuk menggabungkan kata-kata dengan cara yang cerdas dan menghasilkan sesuatu yang sangat menarik yang terdengar hebat. Cobalah mengambil pendekatan yang sedikit berbeda dengam berpikir tentang kata nyata yang menggambarkan layanan atau fitur kunci dari layanan yang akan disediakan oleh startup. Jauh lebih mudah untuk tetap berpegang pada aturan dua suku kata jika Anda menggunakan kata asli daripada menggabungkan kata-kata untuk membuat yang baru.
  3. Nama domain tidak masalah
    Banyak pendiri membatasi diri dengan nama domain. Nama domain sama sekali tidak masalah. Nama itu sendiri jauh lebih penting daripada memiliki nama domain yang sama. Pilih nama yang bagus, gunakan nama domain yang mengena. Bagian yang paling menarik adalah memiliki nama domain yang cocok sepertinya tidak ada hubungannya sama sekali apakah Anda akan berhasil dengan startup Anda. Lihat saja semua startup yang sukses ini yang memiliki nama domain sementara, atau yang masih memiliki nama domain yang berbeda dengan nama mereka.

Square tadinya squareup.com
DropBox tadinya getdropbox.com
Facebook tadinya thefacebook.com
Instagram tadinya instagr.am
Twitter tadinya twttr.com
Foursquare tadinya playfoursquare.com
Basecamp tadinya basecamphq.com
Pocket tadinya getpocket.com
Bitly tadinya bit.ly
Delicious tadinya del.icio.us
Freckle tadinya letsfreckle.com

Pilih nama yang bagus, lalu tambahkan sesuatu untuk mendapatkan nama domain. Tidak terlalu penting – apakah Anda mendapatkan domain nanti atau tidak. Kemudian bangun!

Bagaimana menurut Anda tentang penamaan startup Anda? Apakah Anda memiliki pendekatan yang berbeda? Atau, apakah Anda akan melalui proses ini sekarang?

Velisia PD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Webb Application Security