Agile Untuk Peningkatan Produktivitas Tim

agile startup

Agile, sebelumnya lebih dikenal dalam ranah pengembangan perangkat lunak saja di mana menyertakan kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama. Namun seiring pertumbuhan startup yang mana tak jauh-jauh dari teknologi, agile juga digunakan dalam sistem manajemen organisasi. Tentu saja di sini adalah organisasi dalam startup itu sendiri karena ada tujuan yang harus dicapai, dan salah satunya mengoptimalkan cara kerja tim dan perhatian kepada pelanggan.

Purwokerto Digital Area dan InnoCircle Initiative menghadirkan even kolaboratif bertema agile ini dengan tujuan utama pengaplikasian produktivitas dua kali lebih cepat. Bertempat di InnoCafe, peserta dibagi menjadi 3 kelompok yaitu leader, software developer, dan manager dan dipandu oleh 3 ahli sebagai agile coach yang dihadirkan yaitu Pak Brata (schrum master Purwokerto), Pak Iwan Santosa (agile master) dan Bu Saron dari Engineering Manager Ralali.com pada Sabtu, 9 Maret 2019.

Kegiatan belangsung mulai jam 9 pagi sampai jam 2 siang dan bersifat diskusi intensif agar pengaplikasian lebih cepat terserap. Peserta sendiri datang dari berbagai macam latar belakang namun masih dalam lini yang sama yaitu pegiat bisnis, startup, dan pengusaha yang sudah pada tahap berkembang.

Kemudian dari 3 kelompok tersebut masing-masing memberikan hasil diskusi akhir dalam bagaimana meningkatkan produktivitas tim, memupuk teamwork, mengelola SDM secara maksimal, dan strategi agar tim menjadi loyal. Persamaan yang ada dalam ketiga kelompok tersebut yaitu pemantapan visi misi dan komitmen yang jelas, penempatan bidang yang sesuai, target yang dituju, pemberian reward dan support, evaluasi dan meeting berkala, dan menumbuhkan atmosfir kekeluargaan.

Marfa U

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X