Pengenalan Peran StartUp Dalam Ekonomi Masyarakat Banyumas oleh InnoCircle Initiative

PURWOKERTO. StartUp yang saat ini diminati oleh anak muda milenial bukanlah sekadar trend ikut-ikutan namun berusaha untuk memiliki dampak bagi sekitar. Hal tersebut ada pada kebermanfaatan bentuk dari sebuah produk StartUp yang mana pada dasarnya adalah bisnis. StartUp menjadi pilihan banyak anak muda saat ini dalam memvalidasi ide sekreatif yang ada dalam kepala mereka menjadi bentuk yang nyata dan tentu saja tak terlepas dari kegiatan ekonomi digital. Ekonomi digital, melalui para pelaku StartUp juga membuka peluang lebih luas dalam masyarakat dalam peningkatan ekonomi baik yang masih konvensional maupun yang mulai beralih ke digital. Pedihelp sebagai contohnya, sebagai salah satu startup yang tumbuh di Purwokerto, Kab. Banyumas sejak 2017.

Pedihelp, merupakan salah satu startup coop inkubasi InnoCircle yang juga telah berhasil mendapatkan pendanaan dari kegiatan StartUp Coop Camp pada Februari lalu. Pedi bergerak dalam menawarkan jasa pencarian tukang seperti kebersihan dan perbaikan. Jasa tukang berawal dari para tukang becak di daerah Purwokerto untuk menambah penghasilan harian. Sebagai peningkatan kualitas, Tim Pedi tentunya tak hanya menyalurkan jasa para pembecak kesempatan untuk meningkatkan pendapatan tambahan namun juga bekal peningkatan keahlian. Potensi-potensi startup di Banyumas seperti Pedi inilah yang menjadi misi InnoCircle untuk diinkubasi. Hal tersebut pula yang disampaikan oleh InnoCircle dalam pertemuan dengan Pemkab Banyumas pada Jumat, 8 Maret 2019 di Pendopo Si Panji Kab. Banyumas.

Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Dinporabudpar Kab. Banyumas, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Banyumas, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab Banyumas, serta Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kab. Banyumas untuk membahas potensi dan inovasi ekonomi digital yang ada di Banyumas. Bersama InnoCircle yang dipresentasikan oleh Fajar Nusntara, HC, turut hadir juga Local Brand dan TDK yang dibawakan oleh Uung Feri sebagai praktisi Brand Lokal Banyumas, dan UMKM Banyumas Go Online oleh Kombasakademi (Tri Hadiyanto) dalam ranah bisnis digital. Dalam pertemuan ini sendiri, InnoCircle memiliki tujuan dan harapan agar mendapat dukungan dari pihak Pemkab Banyumas terutama dalam ekosistem startup coop di Banyumas dalam penyebaran kebermanfaatan dampak sosial yang lebih luas dan berpengaruh melalui rekomendasi dan pemetaan.

Selain pengenalan ekosistem startup coop, InnoCircle juga memaparkan rencana program mendatang antara lain kompetisi startup coop di Banyumas, pembuatan video edukasi startup, roadshow startup goes to campus & school, kopdar bareng bupati dengan komunitas startup, monitoring dan inkubasi, serta handbook startup coop. Pertemuan tersebut diakhiri dengan tanggapan yang baik dengan akan adanya follow up lebih lanjut dan lebih detail terutama dalam ekosistem ekonomi digital di Banyumas.

Marfa U

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X