StartUp Coop Camp: StartUp Coop Sebagai Warna Baru dalam Ekosistem StartUp

StartUp Coop Camp, kolaborasi antara Indonesian Consortium for Cooperatives Inovation, Kementerian Koperasi dan UKM RI Bidang SDM, PT Sakti Kinerja Kolaborasindo, dan diorganisir oleh InnoCircle Initiative telah memasuki hari terakhir atau hari keempat dari serangkaian acara yang telah dimulai sejak Kamis, 7 Februari 2019 bertempat di Hotel Meotel Purwokerto. Kegiatan yang berupa full day training dan workshop, digital startup coop picthing session, investment longue, networking ini menghadirkan nama-nama expert speakers dan trainer dari berbagai bidang khususnya pelaku startup, aktivis koperasi, dan pekerja kreatif seperti Firdaus Putra, Novita Puspasari, Uung Fery, Arnold Ong, Herliana, Hizkia Yossie, Kemal Rahman, Anggoro, Arsyad Dalimunte, Pri Anton, Arif Cazh, Anis Saadah, Fajar Nusantara, Nur Ikhwanudin, Aef Nandi, Pujianto, Ali Sofyan, dan C. Emerson.

Pada hari terakhir, kegiatan diisi dengan acara penutupan yang dihadiri oleh Bapak Wisnu selaku Kepala Dinas Koperasi Banyumas dan Talkah Badrus sebagai Sesdep SDM Kementerian Koperasi dan UKM. Kemudian dilanjutkan dengan talkshow yang dibawakan oleh Kemal Khoirur (Tuban Creative Hub), dan Anggoro (MIKTI) yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan ramah tamah. Serangkaian kegiatan yang diikuti oleh 60 peserta terpilih dari latar pelaku startup dan pemuda koperasi ini memiliki harapan setelah 4 hari workshop dan training secara penuh, dapat memberikan dampak atau menjadi inisiator dalam terbentuknya ekosistem startup coop sebagai warna baru di masing-masing kota asal selain Purwokerto.

Selain itu, diharapkan juga bagi peserta pemuda koperasi dapat mengembangkan startup atau memulai startup baru setelah dikenalkan berbagai macam startup tools dan bagi para startup founder dapat mengkaji ulang startup mereka meliputi bisnis model, desain ide, hingga valuasi. Diharapkan juga setelah adanya picthing di hadapan juri sekaligus calon investor yang diikuti oleh 22 startup dapat menjadi ajang latihan dan evaluasi bagi kemajuan dan keberlangsungan startup mereka.

Kegiatan camp bertema startup coop berskala nasional pertama di Purwokerto ini menjadi momentum awal untuk membuka ruang untuk kolaborasi ide, inspirasi, dan kreatitifas dari berbagai macam latar (Arsyad Dalimunte), mengenalkan nilai-nilai baru dari koperasi di ekosistem startup (Anggoro), serta memunculkan semangat baru dalam berkoperasi dan berstartup. Willy Hamzah dan Safriyan Jayadi, peserta StartUp Coop Camp yang memiliki tagline Innovate, Collaborate dan Growth ini juga berharap agar kegiatan semacam ini dapat menumbuhkan energi positif di kota-kota lain dan bisa terselenggara kembali secara rutin karena berdampak positif terutama bagi anak muda yang semangat berinovasi dalam bidang teknologi digital dan bisnis.

Purwokerto, 10 Februari 2019

Ditulis oleh: Marfa U

Baca juga postingan sebelumnya:

StartUp Coop Camp Day 1: StartUp dan Koperasi, Bisakah Berkolaborasi?

StartUp Coop Camp Day 2: Perlunya Kolaborasi Kreatifitas dan Manajemen

StartUp Coop Camp Day 3: Sejauh Mana StartUpmu Dapat Meyakinkan Calon Investor?

Jangan lupa untuk mengikuti akun Instagram Innocircle Initiative untuk update dan informasi terbaru.

Marfa U

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Webb Application Security